Pages

Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Mas

Ikan mas selama ini dikenal sebagai komoditi dengan nilai ekonomi tinggi. Persebarannya melingkupi hampir semua wilayah di Indonesia. Ikan yang juga dikenal dengan nama Karper (Latin: Cyprinus Carpio). Di Indonesia sendiri, budidaya ikan mas mulai gencar sejak tahun 1920. Bibit awal ikan mas diimpor dari Eropa, Taiwan, Cina dan Jepang. Hingga saat ini, setidaknya dikenal 10 jenis ikan yang dibedakan berdasar pada karakter morfologi ikan mas itu sendiri. Lebih cermatnya, silahkan simak uraian berikut ini.

Klasifikasi Ikan Mas

Sebelum mengurai ciri morfologi ikan mas, ada baiknya jika kita mencermati klasifikasinya dalam ilmu biologi sebagai berikut:
  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Actinopterygii
  • Ordo: Cypriniformes
  • Famili: Cyprinidae
  • Genus: Cyprinus
  • Spesies: Cyprinus carpio

Ciri Morfologi Ikan Mas


Adapun karakteristik morfologi ikan mas, sebagai berikut:
  1. Secara umum ikan mas mempunyai tubuh Bilateral Simetris. Yang artinya, tubuhnya terdiri dari dua belahan yang sama. Dan jika tubuh ikan mas dibelah, maka hasil kedua belahan sama.
  2. Bentuk tubuh ikan ini cenderung memanjang. Selain itu, ia juga memipih tegak atau dikenal dengan istilah comprossed.
  3. Mulut ikan mas ada pada bagian tengah ujung kepala terminal atau berada tepat di ujung hidung. Mulut tersebut bisa disembulkan atau dikenal dengan istilah protaktil.
  4. Pada wilayah anterior mulut ikan mas terdapat dua pasang sungut.
  5. Adapun pada ujung dalam mulutnya, dijumpai gigi kerongkongan atau pharyngeal teeth. Gigi ini terdiri atas tiga baris gigi geraham.
  6. Umumnya hampir semua tubuh ikan mas tertutupi sisik. Namun perlu juga disebutkan, ada beberapa varietas yang sisiknya sedikit.
  7. Jika dicermati, sisik pada ikan mas cenderung berukuran besar Sisik ini termasuk sisik jenis sikloid atau lingkaran.
  8. Sisik ini juga digolongkan sebagai Ctenoid yakni sisik dengan bentuk layaknya sisir. Bentuk ini lazim ditemui pada ikan dengan jari-jari sirip yang keras.
  9. Bentuk sirip ekor pada ikan mas dikenal dengan istilah emarginate yakni berpinggiran berlekuk tunggal.
  10. Dorsal atau sirip punggung ikan mas agak memanjang. Bagian belakangnya memiliki jari kera dan di bagian akhir yakni pada sirip ketiga juga keempat, jari tersebut menjadi bergerigi.
  11. Letak sirip punggung pada ikan ini agak berseberangan dengan ventral atau permukaan sirip perutnya.
  12. Sirip perut ini cenderung dekat dengan sirip dada atau subabnominal.
  13. Pada sirip dada ikan mas, dijumpai operculum dan properkulum.
  14. Adapun sirip pada duburnya (anal) memiliki ciri layaknya sirip punggung. Berjari keras dan pada bagian akhirnya sirip berubah bergerigi.
  15. Pada lina lateralis/gurat isi/garis rusuk ikan mas digolongkan lengkap. Lina lateralis ini ada pada pertengahan tubuh. Bentuknya melintang, mulai dari bagian tutup insang hingga ke ujung belakang area pangkal ekor.
  16. Organ Insang ikan mas terdiri atas tapis insang, tulang lengkung insang serta lembaran daun insang.
  17. Ikan mas tidak mempunyai lambung. Oleh sebab itu ia menggunakan lambung palsu. Lambung ini berfungsi untuk menampung makanan.

Demikian klasifikasi dan morfologi ikan mas secara umum. Karakteristik ini bisa berbeda pada varian yang satu dan yang lain. Namun tidak merubah ciri morfologis umum si ikan karper tersebut.