Pages

Makanan Terbaik Bagi Ikan Arwana

Ikan Arwana atau si Dragon Fish memang menempati posisi istimewa di hati penikmat ikan hias. Tak hanya karena mitos yang menyelubunginya, tetapi juga karena keelokan fisiknya. Selain itu, ikan yang satu ini digemari karena memiliki daya tahan tubuh yang baik. Konon, jika Anda lalai tidak memberi makan ia selama 2 minggu, si Arwana ini tetap hidup dengan baik. Tapi bagi pecinta ikan hias sejati, tentu pemberian pakan tak boleh dilewatkan sebab akan berpengaruh pada tampilan si ikan itu sendiri. Sudah tahu jenis-jenis makanan ikan Arwana?

Si Predator Cantik

Ikan Arwana termasuk predator. Di alam bebas ia bisa memangsa jenis-jenis ikan tertentu semacam komet, ikan mas dan ikan kecil lainnya. Untuk Arwana dalam akuarium, jenis-jenis makanan yang paling populer diberikan antara lain:

Cacing Darah Beku. 
 
Makanan ikan Arwana yang satu mudah dijumpai di penjual ikan hias. Cacing beku baiknya diberikan pada anak Arwana dengan ukuran kurang lebih 8 cm. Cacing beku ini baik sekali bagi pertumbuhan si Arwana kecil. Apabila Arwana sudah dewasa, Anda sudah bisa memberinya jenis pakan lain.

Jangkrik dan Belalang

Makanan ikan Arwana yang satu ini mengandung banyak protein. Ia bisa jadi variasi menu yang baik. Tapi sebelum diberikan, pastikan Anda telah membuang bagian kaki yang tajam dan berduri. Jika lalai, bagian tersebut bisa melukai mulut juga perut ikan Arwana Anda.

Udang

Makanan yang satu ini baik diberikan pada ikan Arwana. Anda bisa memilih udang tawar ataupun udang pasar. Tapi sebelumnya, buanglah bagian kepala, kulit dan ekornya. Potong menjadi beberapa bagian kecil sebelum diberikan.

Kodok, Cicak dan Kadal


Makanan Ikan Arwana yang ini cocok sekali dijadikan variasi. Pilih kodok, cicak dan kadal yang sesuai dengan ukuran ikan Arwana peliharaan Anda. Pemberian pakan ini jangan berlebihan ya sebab konon bisa membuat Arwana Anda berwarna pucat.

Ulat

Salah satu jenis ulat yang paling populer diberikan pada Arwana adalah ulat Jerman atau Superworms. Ulat ini bagus juga diberikan pada anak Arwana sebab mengandung nutrisi yang baik bagi pertumbuhannya. Meski demikian, pastikan takarannya tepat sebab jika terlalu banyak alih-alih sehat, perut ikan Arwana Anda malah terkena ambein.

Kelabang

Konon jika Arwana diberi makan kelabang maka tingkat kecerahan warnanya akan meningkat. Tapi makanan ikan Arwana yang satu ini susah sekali didapatkan. Kalaupun ada, biasanya harganya mahal. Tapi sebagai selingan, tak ada salahnya bukan?

Ikan Kecil

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, ikan Arwana seorang predator. Jadi, sekali-kali Anda bisa memberinya pakan ikan kecil. Tapi penting dicermati, ikan yang hendak diberikan pada Arwana Anda bukan ikan sakit, berjamur dan lain-lain. Dan baiknya ikan tersebut diberi dalam keadaan mati sebab jika tidak, Arwana Anda akan kepayahan memburu si ikan kecil. Akibatnya, ia bisa saja menabrak bagian-bagian akuarium. Hal ini berpengaruh buruk pada keelokan tubuh si Arwana.

Kecoa

Hewan yang mudah dijumpai di dapur ini baik diberikan pada ikan Arwana. Kandungan proteinnya tinggi dan mampu mengembalikan stamina si Arwana. Konon, kecoa ini juga bisa merangsang nafsu makan ikan Arwana yang lesu.

Pellet-Pakan Buatan

Beberapa kolektor ikan Arwana percaya pada pellet atau pakan instan. Makanan ikan Arwana yang satu ini memang praktis. Tapi sebaiknya tidak melulu pellet sebab ada beberapa ikan Arwana yang tidak mampu menyerap semua nutrisi pada makanan instan tersebut. Jika Anda memang harus memilih pellet, pastikan ia mengandung hati sapi sebab kandungan lemaknya baik dan mampu memperbaiki warna ikan.