Pages

Mengenal Jenis-jenis Ikan Arwana

Bagi penggemar ikan hias, nama ikan Arwana tentu tak asing lagi. Ikan dengan nama latin Scleropages formosus ini memang banyak difavoritkan kolektor ikan hias. Lebih dari itu, bagi warga Tionghoa, ikan Arwana bahkan menjadi perlambang keberuntungan. Ia sering dihubung-hubungkan dengan naga, si hewan mitos pembawa berkah. Ikan dengan warna keperakan ini memiliki beragam nama antara lain Dragon Fish, Kelesa, Siluk, Peyang, Aruwana, Kayangan, Arowana, Barramundi, Platapad, Saratoga dan masih banyak lagi lainnya. Selain nama yang beragam, ternyata jenis ikan arwana ini juga bermacam-macam. Apa saja?

Ikan Arwana Red Tail Golden

Jenis ikan Arwana yang satu ini paling mudah dijumpai. Konon ia berasal dari Indonesia, lebih spesifik lagi Pekanbaru. Ikan Red Tail Gorden ini dibagi lagi ke dalam beberapa jenis antara lain Golden, Golden Blue dan juga Golden Green.

Ikan Arwana Super Red

Jenis ikan arwana yang satu ini juga masih berasal dari nusnatara tepatnya di Sungai Kapuas Kalimantan dan juga Danau Sentarum. Ikan Arwana yang satu ini juga dibagi lagi ke dalam beberapa jenis antara lain Super Red Merah Oranye, Super Red Merah Darah dan juga Super Red Merah Cabe.

Cross Back Golden Arwana

Jenis ikan arwana yang satu ini katanya berasal dari negeri jiran, Malaysia. Ia tersebar mulai dari Johor, Perak, Bukit Merah dan Trengganu.Kenapa dinamai Cross Back? Karena pada bagian sisiknya yang berwarna hitam tampak melingkat hingga melewati punggung.

Green Arwana

Jenis ikan Arwana yang satu ini dikenal juga dengan nama Arwana Pino. Sama seperti namanya, ikan lucu yang satu ini memang memiliki warna dasar hijau. Persebaran ikan yang satu ini mulai dari Kamboja, Myanmar, Malaysia, Thailand dan juga Indonesia.

Silver Arwana

Jenis ikan Arwana yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang. Demikian pula dengan siripnya. Panjang tubuh ikan mampu mencapai 60 cm. Konon ikan arwana yang satu ini berasal dari Amerika Serikat.

Jardini Arwana

Ikan Arwana yang satu ini berasal dari negeri Kangguru, Australia. Meski demikian, kini si ikan cantik ini bisa ditemukan di berbagai belahan dunia termasuk di Indoensia. Si Jardini ini dibagi lagi ke dalam 2 jenis berdasarkan warnanya yaitu Scleropqges Leichharti (terang) dan Scleropqges Jardini (gelap).

African Arwana


Dari nama yang melekat pada ikan ini kita sudah bisa menebak dari mana asalnya. Ikan berwarna perak ini memiliki bentuk tubuh yang cenderung lonjong dan kepala yang sedikit bulat.

Black Arwana

Jenis ikan Arwana yang satu ini masih berkerabat dengan si Silver Arwana. Ia juga memiliki warna tubuh yang didominasi silver. Hanya saja pada bagian ekor, tampak gradasi warna hitam. Apabila telah mencapai usia dewasa, warna hitam pada ekor tersebut akan memudar.

Bagi peminat ikan hias, penting untuk memahami jenis-jenis ikan Arwana ini sebab masing-masing varietas memiliki spesifikasi harga yang berbeda. Saat ini, si Super Red-lah yang paling mahal. Harga per ekornya bisa mencapai angka jutaan rupiah, tergantung pada kualitasnya. Bagaimana, tertarik memelihara Arwana si ikan keberuntungan ini?